Blackberry dikembangkan oleh sebuah perusahaan canada yang hingga
saat inipun, tidak banyak orang yang mengetahui namanya. Sangat berbeda
denga Nokia dan Motorola ataupun microsoft yang namanya dikenal luas,
pembuat blackberry adalah perusahaan yang bernama Research in Motion.
Didirikan oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada.
Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki,
membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun,
sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas
Waterloo.
Dia memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Dia memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat
bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa
selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll). Sejak
peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta
pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler,
blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya
komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjad sebuah fenomena (saat ini
kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak – anak muda mulai
pakai alat ini yah buat nge-blog dan Facebook-an).
AWALNYA, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang
fungsional tapi membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY,
karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak.
Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nmaa yang akrab tapi cerdas.
BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna.
BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna.
Saat ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk
perangkat-perangkat non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61,
melalui peranti lunak BlackBerry Connect.
Mengapa banyak orang yang kepincut BlackBerry? Salah satunya adalah
keunggulannya mengirim dan menerima surat elektronik: secepat mengirim
dan menerima SMS.
BB pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang
inign diakui ke-eksist-annya. Setelah serial Gossip Girl secara
fenomenal mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda
upper Class Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai
lambang status kelas atas. **