Jumat, 17 Juni 2011

Wah.... KPU Sudah Musnahkan Arsip Pemilu!


kpu_2009Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum dinilai telah melanggar Undang-Undang dengan melakukan pemusnahan dokumen negara yaitu berupa dokumen-dokumen arsip pemilu. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR dari PDI Perjuangan, Arif Wibowo. Menurutnya hal ini baru terungkap belakangan setelah kasus Andi Nurpati yang dilaporkan oleh Mahfud MD mulai mencuat.
"Salah satu dokumen arsip kepemiluan yang dimusnahkan adalah Berita Acara dan Sertifikat Hasil Pemilu di tingkat TPS (Formulir C1) yang terjadi di sebagian besar daerah (KPU Kabupaten/Kota) di wilayah NKRI," kata Arif Kamis (16/06) malam tadi.
Menurutnya pemusnahan tersebut jelas bertentangan dengan yang diamanatkan Undang-undang nomor 22 Tahun 2007. Peraturan KPU tentang penghapusan dokumen seharusnya tunduk pada peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2005 Tentang Pedoman Pendataan, Penataan, Dan Pengelolaan Dokumen Arsip Pemilu.

"Mereka berpegangan pada peraturan KPU No. 75 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Penghapusan Perlengkapan, Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Dukungan Perlengkapan Lainnya Sebagai Barang Milik Negara Di Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, dan Panitia Pemilihan Luar Negeri Dalam Pemilihan Umum," tutur Arif.
Namun Arif menilai peraturan tersebut sendiri sudah bertentangan dengan UU dimana sesuai konstitusi peraturan apapun yang dibuat dibawah UU harus tunduk dan tidak dibenarkan melawan UU."Tindakan pemusnahan dokumen kepemiluan tersebut jelas-jelas merupakan perbuatan melawan hukum," kata Arif. "Ini merupakan tindak pidana dan melanggar Undang-undang nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan."

KPU secara hukum menurut Arif wajib memelihara dokumen arsip pemilu sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 22 Tahun 2007. Peraturan KPU tentang penghapusan dokumen seharusnya tunduk pada peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2005 Tentang Pedoman Pendataan, Penataan, Dan Pengelolaan Dokumen Arsip Pemilu. [ms]

Sumber: Seruu.com

Photobucket
Free Counter
Photobucket