Terusan Panama(Panama Canal) adalah sebuah kanal besar yang
terletak di negaraPanama, Amerika Tengah. Kanal Panama atau yang lebih
dikenal dengan nama Terusan Panama lebih jelasnya adalah sebuah terusan
yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga
membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan dan dengan demikian
berhasil menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik.
Terusan ini
memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar
lewat ujung selatan Amerika Selatan. Sebagai contoh, jika sebuah kapal
laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju ke San
Francisco(Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka
jarak perjalanannya menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan
jika memanfaatkan terusan maka jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000
mil)saja!
Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di
abad ke 16 namun baru berhasil direalisasikan pada 15 Agustus 1914.
Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit
malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air,
terusan ini akhirnya berhasil didirikan dan telah membantu ratusan ribu
kapal menyeberang sejak pembukaannya atau rata-rata 12.000 kapal per
tahun.
Sejarah Pembangunan
Gagasan pembangunan
Terusan Panama dicetuskan pertama kali pada tahun 1524 oleh raja
Spanyol saat itu, Charles V. Raja berpendapat jika tanah genting di
Panama dibelah maka akan meringankan perjalanan kapal-kapal
kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke Peru ataupun sebaliknya.
Tahun-tahunberikutnya, sejumlah kerajaan lain di Eropa juga
mengemukakan gagasanyang sama namun masih terbentur kendala teknologi
dan sumber daya.
Pembangunanfisik
terusan akhirnya baru berhasil dimulai pada tanggal 1 Januari1880.
Saat itu Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari
kesuksesaninsinyurnya, Ferdinand de Lesseps, yang berhasil mendirikan
TerusanSuez di benua Afrika, memutuskan memulai proyek mahasulit
ini.Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps.
Sayangnya,karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi
danhidrologi yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa
dandana. Wabah malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar
pekerjaterjangkit dan bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000
orang)sehingga proyek mulai terbengkalai. Peralatan yang terbuat dari
besidan baja mulai berkarat, sebagian pekerja angkat tangan dan kembali
kenegaranya.
Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada
tahun1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya
padatahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk
meneruskanproyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan
proyek ini.Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt,
memutuskanmembeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan
meneruskanpembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah
berhasilmemerdekakan Panama dari Kolombia. Sebagai kompensasinya,
PemerintahPanama memberikan hak pengelolaan terusan kepada AS.
PembangunanTerusan
Panama pun dilanjutkan kembali! Kali ini melalui persiapanmatang dan
penyediaan infrastruktur yang memadai. Presiden TheodoreRoosevelt
menunjuk George Washington Goethals sebagai pimpinan proyek.Peralatan
lama sedikit demi sedikit mulai diganti dengan peralatan baruyang lebih
canggih. Tahun 1914, proyek Terusan Panama berhasildiselesaikan. Dua
tahun lebih cepat dari target yang ditetapkan yaitupada 1 Juni 1916.
Terusan Panama akhirnya dibuka secara resmi pada 15Agustus 1914 yang
bertepatan dengan mulai berkecamuknya Perang Dunia Idi Eropa dan kapal
laut pertama yang melintas adalah sebuah kapal kargoyang bernama,
Ancon.
Pada 1930an,
Terusan Panama disempurnakan dengan diciptakannyadanau-danau buatan
sebagai penampung air yang dibuka jika ada kapalyang akan lewat. Selain
itu juga dibuat beberapa pintu air. SetelahPerang Dunia II, rakyat
Panama mulai menuntut hak pengelolaan danselain itu memprotes kehadiran
militer AS yang semakin hari semakinbertambah banyak. Akhirnya pada 7
September 1977, Presiden AS, JimmyCarter dan Presiden Panama, Omar
Torrijos menandatangani sebuahkesepakatan yang mengizinkan Panama
mengelola sendiri terusan itu namuntetap menjamin netralitas kawasan
(Neutrality Treaty) dan AS diizinkanuntuk kembali kapan saja. Akan
tetapi, kesepakatan ini dikecam olehsebagian besar rakyat AS.
Selanjutnya, pada 31 Desember 1999,pengelolaan terusan diserahkan
sepenuhnya ke Panama melalui OtoritasTerusan Panama/Panama Canal
Authority (ACP).
Sebelum penyerahanini, pemerintah Panama telah
mengadakan tender internasional untuk 25tahun kontrak pengoperasian
pelabuhan kontainer yang dimenangkan olehperusahaan Hutchison Whampoa,
sebuah perusahaan asal Hong Kong yangdimiliki oleh taipan Li Ka Shing
yang juga nantinya menanamkan sahamnyadi Facebook.
Cara Pengoperasian
Berbedadengan
Terusan Suez, Terusan Panama mengandalkan sejumlah pintu air
danbeberapa danau buatan. Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik,
kapalmemasuki pintu air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26
meterdari permukaan laut. Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun
ataumendorong kapal melintasi pintu-pintu air tersebut. Kapal
kecilmematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar dituntun tapi
tetapbergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari baja
dibelakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka
untukmengalirkan air pelan-pelan dari Danau Gatun. Ada tiga pintu air
yangharus dilewati, yang akhirnya menaikkan kapal sampai sejajar
denganpermukaan danau.
Kapal kemudian
melepaskan diri dari lokomotif listrik dan berlayar melintasidanau
buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau buatan inisemula
adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun damraksasa
Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasukiLintasan
Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150meter dan
kedalaman minimum 13 meter. Di ujung lintasan Gaillard kapalkembali
memasuki pintu air yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotifpendorong.
Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9meter ke
permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayarmelintasi
danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu airMiraflores
atau Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapalsampai
sejajar dengan permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapalberlayar
memasuki Teluk Panama dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.
Diukurdari
Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama di SamuderaPasifik
terusan ini memiliki panjang sekitar 82 kilometer dengan lamapelayaran
sekitar 8 jam. Rata-rata ada 12.000 kapal melintasi terusanini setiap
tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit,terusan ini
tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa.Oleh
karenanya kapal-kapal yang bisa melintas di terusan Panama
disebutkapal-kapal Panamaz.
Ongkos/tarif melewati terusan
Otoritas
terusan menetapkan tarif untuk melintas Terusan Panamaberdasarkan
jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam kapal.Tahun 2007,
Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal DisneyCruise Line
asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayartarif termahal
yaitu sejumlah USD 331.200.(2.9 Milyar Rupiah)
Tantangan ke Depan
TerusanPanama
menghadapi sejumlah persaingan sengit dari misalnya jawatankereta api
inter-samudra yang melintasi Amerika Serikat dan Meksiko,serta
rencana negara tetangga Nikaragua untuk juga membangun terusan.Melihat
tantangan ini Pemerintah Panama pada tahun 2006 lalu
menggelarreferendum untuk memperluas terusan. Untungnya referendum ini
disetujuioleh sekitar 80% rakyat Panama. Secara kongkrit, perluasan
terusanPanama akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra
lebar,yaitu pada awal dan akhir terusan. Terusan Panama juga akan
diperluasdan diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu
palingsedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5
milyar.Panama sendiri akan menyalurkan sekitar separuh ongkosnya yang
bisajadi diambil dari kantong Otoritas Terusan Panama yang tahun
2007tercatat meraup pendapatan sekitar USD 1,76 miliar. Sisanya
diambildari pinjaman-pinjaman internasional.
sumber